Survey

Sabtu, 15 Oktober 2011

Setting Modem HP Smart C700 di Ubuntu 9.10 dengan wvdial

Setting Modem HP Smart C700 di Ubuntu 9.10 dengan wvdial

*Special thanks for mbah google, mbak elkana, bang zay, kantin kampus Unpak*

Punya modem HP Smart baru beli seminggu yang lalu (sebernarnya sudah beberapa bulan yang lalu, karena artikel ini copas dari blog pribadi) sama temen di Semarang namanya Mbak Elkana ... yuhuu lumayan 200k bebas ongkir, gantiin tempat dia daripada beli di ka*kus paling gak 300k.
Aku pake dual OS, Ubuntu 9.10 dan Win XP Black SP2 (versi bajakan). Pertama kali nyobain setting di Win XP buat cari tutorial nyetting di Ubuntu 9.10. Nyetting modem di Win nya sukses karena udah ada cd driver bawaan, next googling-guling buat cari settingan ke linux dan ke kumpul banyak. Senjata udah dapet, terus pindah ke target, masuk Ubuntu 9.10 dan mulailah menggunakan senjata yang di dapet.
.......cring cring....
Dua hari berlalu, aku dah utak atik itu settingan tapi selalu aja masih error. Kemudian konsultasi nih ke Senior di KPLI Bogor, namanya kak Ahmad Fauzi alias bang zay alias vladislas (banyak alias, mirip mafia kelas kakap aja tu). Utak-atik utak-atik, error-error... tapi akhirnya bisa... wah.. mantab deh...

Jadi intinya tu gini nih cara settingnya:

1. Waktu tampilan grub pilih Ubuntu, Linux 2.6.31-14-generic bukan yang Ubuntu, Linux 2.6.31-17-generic. Nah ini yang paling penting, kita masuk ke kernel 14 bukan kernel 17 yang merupakan upgrade-annya si Ubuntu 9.10. Kalo kata bang zay, gak semua hasil upgrade itu stabil.


2. Masuk sebagai superuser (root), buka terminal (applications-accesories-terminal) ketik su - dan masukkan password sebagai rootdan pastikan bahwa kita telah menginstal wvdial, jika belum langsung saja ketikkan apt-get install wvdial dari terminal.

Photobucket


3. Sambungkan PC dengan Modem HP Smart dan ketikkan perintah lsusb, dan akan muncul tulisan ID 05c6:9004 Qualcomm, Inc. yang menandakan bahwa Modem HP Smart sudah terdeteksi.

Photobucket


4. Ketikkan modprobe usbserial vendor=0x05c6 product=0x9004

Photobucket


5. Setting konfigurasi wvdial.conf dengan mengetikkan perintah nano /etc/wvdial.conf kemudian masukkan parameter di bawah ini

[Dialer Defaults]
Init1 = ATZ
Init2 = ATQ0 V1 E1 S0=0 &C1 &D2 +FCLASS=0
Modem = /dev/ttyUSB1
Phone = #777
Idle Seconds = 300
Password = smart
Modem Type = Analog Modem
Stupid Mode = 1
Compuserve = 0
Baud = 460800
Dial Command = ATDT
Ask Password = 0
ISDN = 0
Username = smart
FlowControl = CRTSCTS

Photobucket

Jika selesai tekan Ctrl+X, Y , Enter

5. Restart HP Smart dan ketikkan wvdial


Photobucket


6. Internetan deh.....

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More